Seberapa Penting Company Profile Saat Ini?

Company profile sampai saat ini masih sangat dibutuhkan. Perusahaan besar sampai UKM sangat membutuhkan company profile. Meskipun kemajuan teknologi terus berkembang, kegunaannya masih dibutuhkan sebagai alat presentasi.

Sebelumnya, pasti kamu juga sudah mengetahui bahwa arti dari company profile adalah deskripsi singkat yang meliputi profil perusahaan, sampai produk. Dengan begitu, kamu harus memiliki company profile yang baik. Meskipun usaha yang kamu miliki masih dalam tahapan pemula tidak ada salahnya mempersiapkannya sejak dini. Karena diketahui juga, bahwa dengan company profile yang baik kesempatan untuk mendapatkan persetujuan dari pihak investor akan lebih mudah didapatkan.

Di awal kita katakan bahwa kemajuan teknologi memang terus berkembang, namun kita tidak bisa menolak bahwa dengan adanya itu justru seharusnya semakin memudahkan kita untuk melakukan hal ini. Membuat company profile, ya! Tapi apakah semudah itu? Padahal sudah banyak tools yang menyediakan secara cuma-cuma dan bisa digunakan untuk membuat company profile ini.

Tidak salah juga jika kamu ingin membuat company profile kamu melalui tools tersebut, tetapi kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakannya. Lalu bagaimana dengan bisnismu? Kamu juga menyadari jika bisnis yang sedang kamu jalani ini baru saja memulai langkahnya disini. Lalu siapa yang bisa mengurusnya jika bukan kamu?

Untuk memudahkan dan meringankan pekerjaanmu Promo Desain hadir dengan paket company profile mulai dari 5.5jt*. Paket ini berisikan desain logo dan konsep, kartu nama, kop surat, sampai desain nota. Kamu udah bisa dapetin desain company profile juga dengan 8 halaman dan ukuran A4. Ingat yaa ada opsi desainnya juga lho dengan 3x revisi.

Kembali lagi mengenai company profile, perkembangan teknologi memang terus berjalan. Tetapi menggunakan cara ini pun tidak ada salahnya, karena fungsi dan manfaat dari company profile ini pun sangat banyak.

  • Representasi Perusahaan

Profile company perusahaan dibuat dengan tujuan sebagai alat atau gambaran dari perusahaan tersebut. Ini juga berlaku bagi UKM yang ingin membuat profile company. Buatlah sesuai dengan karakteristik perusahaan yang ingin kamu bangun.

  • Informatif dan komunikatif

Fungsi lain yang harus ada di dalam company profile adalah informatif. Buatlah dengan lengkap dan ringkas company profile kamu. Buatlah berbeda namun tetap dimengerti dan mudah dipahami oleh orang lain. Sehingga company profile yang kamu buat tetap komunikatif atau dapat mewakili dari bisnis kamu

  • Membangun citra bisnis

Tujuan ini yang sangat kamu butuhkan, citra bisnis bisa kamu dapatkan dari pembuatan company profile ini. Untuk itu buatlah dan bangunlah citra yang baik untuk bisnis kamu dan mulai lah secepat mungkin.

Sepertinya terlalu cepat untuk membahas manfaatnya yaa. Lalu apa saja yang harus ada dan terdapat di company profile? Sehingga calon investor atau client percaya dengan bisnis/jasa/produk kita?

  • Informasi dasar bisnis

Informasi ini bisa berupa atau meliputi keterangan bisnis dari nama bisnis/perusahaan seperti alamat, website, sampai akun sosial media dan email. Jangan lupa untuk menuliskan tahun berdiri bisnis kamu yaa.

  • Profil perusahaan

Pada bagian kamu harus menuliskan secara ringkas apa visi dan misi perusahaan/bisnis kamu. Tuliskan deskripsi produk/layanan yang kamu tawarkan. Kemudian tidak ada salahnya juga untuk memasukan sejarah bisnis mu dan pertumbuhannya dari waktu ke waktu. Kebijakan, portfolio, sampai kelebihan dari bisnismu bisa dimasukan pada bagian ini.

  • Pencapaian usaha

Untuk membuat kepercayaan tulislah apa saja pencapaian dari usahamu. Namun jika usahamu belum memiliki penghargaan tidak masalah, tulis saja beberapa pengalaman usaha mu. Misalnya saja kamu memiliki usaha kuliner, tulis di bagian ini bahwa bisnis kuliner kamu ini sudah beberapa kali mengikuti bazar di berbagai event dsb.

  • Tujuan

Sebelumnya kamu juga harus tau dan tetapkan tujuanmu terlebih dulu kepada siapa company profile kamu ini ingin ditunjukan. Apakah kepada konsumen kamu atau kepada investor? Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa rincian yang berbeda dari kedua audience tersebut. Jadi jangan lupa untuk menetapkan tujuan kamu yaa.

Ternyata banyak manfaat dari company profile yang bisa kamu dapatkan. Jadi menurut kamu apakah saat ini masih membutuhkan company profile untuk bisnismu? Pilihan dan jawabannya ada ditangan kamu.

2018-10-08T07:17:44+00:00